RPP 1 Halaman PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan) Kelas IV SD/MI |
Sesuai dengan SURAT EDARAN NOMOR 14 TAHUN 2019 TENTANG PENYEDERHANAAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) berikut ini kami berikan RPP 1 Halaman Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas IV SD/MI Tahun pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari tiga komponen inti RPP yaitu Tujuan pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD N
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas / Semester : IV / Ganjil
Materi Pokok : Permainan Bola Besar Sederhana dan Atau Tradisional
Sub Materi : Bola Basket
Alokasi Waktu : 1x Pertemuan
1. Tujuan Pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD N
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas / Semester : IV / Ganjil
Materi Pokok : Permainan Bola Besar Sederhana dan Atau Tradisional
Sub Materi : Bola Basket
Alokasi Waktu : 1x Pertemuan
1. Tujuan Pembelajaran
- Menguasai teknik melempar dalam permainan bola basket
- Menguasai teknik menangkap dalam permainan bola basket
- Melakukan bermain basket serta dapat melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
Download juga : RPP 1 Lembar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTS2. Kegiatan Pembelajaran
- Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah pernah di dapatkan terkait dengan materi yang akan di pelajari
- Memotivasi peserta didik dengan cara menginformasikan kepada peserta didik pentingnya materi Permainan Bola Besar Sederhana dan Atau Tradisional (Bola basket)yang akan dipelajari dalam kegiatan sehari-hari
- Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja, gambar / video pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan Permainan Bola Besar Sederhana dan Atau Tradisional (Bola basket)
- Peserta didik diberikan beberapa pertanyaan mengenai Permainan Bola Besar Sederhana dan Atau Tradisional (Bola basket) untuk ditemukan pemecahannya
- Peserta didik diminta untuk bekerja secara kelompok untuk menemukan pemecahan masalah terhadap permasalahan yang telah diberikan baik melalui sumber internal maupun sumber eksternal (Menanya, Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
- Peserta didik diminta untuk bekerja dalam kelompok dan menghargai usaha setiap anggota kelompok Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
- Peserta didik bertukar buku/bahan referensi dalam menyelesaikan kegiatan kelompoknya (Mengomunikasikan)
- Menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya berdasasrkan hasil kerja kelompok (Mengasosiasi dan Mengomunikasikan)
- Peserta didik yang telah ditunjuk oleh kelompoknya sebagai juru bicara menyampaikan hasil kerja kelompoknya (Mengomunikasikan)
- Peserta didik lainnya mendengarkan dan memberikan tanggapan (Mengamati dan Menanya)
- Peserta didik melakukan analisis atas hasil kerja kelompoknya dengan informasi yang ditayangkan oleh guru (Mengasosiasi)
- Peserta didik diberikan pertanyaan sehubungan dengan hal-hal yang masih perlu diklarifikasi ulang (Mengomunikasikan)
Download juga : RPP 1 Lembar Matematika Kelas 7, 8 dan 9 SMP/MTS3. Penilaian
- Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
- Membuat artikel tentang upaya pencegahan penyakit pada Permainan Bola Besar Sederhana dan Atau Tradisional (Bola basket)